Selamat datang di Blog kami. Bagi para pencinta ayam aduan dapat melihat hasil ternak ayam aduan milik kami di Blog ini. Bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bisa langsung tinggalkan komentar atau langsung menghubungi kami di 081916794009.
Follow twitter kami di
@MentaokBreeder

Monday 29 April 2013

Katuranggan Ayam Aduan Menurut Warna



Salam hangat para hobiis ayam aduan,

Setelah beberapa waktu yang lalu kami disibukkan dengan anakan ayam hasil ternakan kami, akhirnya kami dapat berjumpa lagi menyapa rekan-rekan hobiis ayam aduan. Pada kesempatan kali ini, Mentaok Breeder akan berbagi info mengenai warna ayam aduan sebagai salah satu katuranggan dan indikator ayam aduan yang baik. Semoga informasi yang kami berikan dapat berguna bagi rekan-rekan sekalian. Selamat menyimak.

Dikutip dari Kitab Primbon Betaljemur Adammakna (oleh Penerbit : Soemodidjojo Mahadewa di Projo Dalem Ngyogyakarto Hadiningrat, buku asli milik Kanjeng Pangeran Harya Cakraningrat) dapat disampaikan sebagai berikut :
  1. Wiring Galih, jengger Telon, mata kuning, kaki hitam, jalu bung alang-alang (hitam ujung keputih-putihan), ekor lebat, sisik melik, ini adalah ayam aduan yang baik, sering mendapat kemenangan sedangkan yang memelihara sering mendapatkan keberuntungan.
  2. Wiring kuning, jengger Telon, mata kuning, kaki lontheng (bertaburan sisik warna hitam), jalu hitam, ekor lebat, ini merupakan ciri ayam aduan yang baik, sering mendapat kemenangan dan membuat senang pemiliknya.
  3. Wido Cepoko (wido berkaki kuning), jengger telon, kaki dan jalu berwarna kuning, ekor lebat, sisik mulus (tanpa melik), supit pendek, ini merupakan ciri ayam aduan yang sangat baik, sering mendapat kemenangan, pemiliknya mendapat keberuntungan dan keselamatan.
  4. Lurik, jengger telon, kepala besar, mata kuning, kaki lontheng, jalu renteng, sisik mulus, ini adalah ciri ayam aduan yang bagus.
  5. Blorok, jengger telon, jengger telon ataupun wilah, kepala lebar, mata kuning, kaki dan jalu berwarna hitam, sisik mulus. Ini ayam aduan yang baik, pemiliknya sering mendapat keberuntungan.
  6. Blorok madu, jengger telon, kepala tebal, mata kuning, kaki warna hijau, jalu canthel, ekor lebat, ayam seperti ini sering mendapat kemenangan dan pemiliknya mendapat keberuntungan.
  7. Wiring kuning, jengger telon, kepala kecil, mata merah, kaki warna kuning, ekor mubal putih, ini ciri ayam aduan yang sangat jelek, licik dan membuat susah pemiliknya.
  8. Blorok merah, jengger berdiri seperti cabe, kepala kecil, mata merah, jalu kuning, ini ciri ayam yang tidak layak untuk ayam aduan, sering kalah dan membuat susah pemiliknya.
  9. Ayam putih mulus, beraura kehitaman, jengger telon ataupun jengger dlima, ini juga sangat bagus karena dapat dipakai untuk tumbal ataupun ritual-ritual Kejawen. Namun tidak boleh untuk ayam aduan.
 
Gbr. 1

Gbr. 2

Gbr. 3

Gbr. 4

Gbr 1 s/d 4 : Berbagai macam katuranggan ayam aduan mempengaruhi 
karakteristik dan pembawaan ayam


Sekian informasi mengenai katuranggan ayam aduan yang baik berdasarkan Kitab Primbon Jawa. Meskipun ayam aduan ada beragam jenisnya, paling tidak literature tersebut dapat kita jadikan acuan dalam menilai katuranggan ayam. Karena leluhur kita meninggalkan warisan ilmu pastilah berdasarkan ilmu titen dalam jangka waktu yang lama.  

Semoga dapat memberikan wawasan baru bagi rekan sekalian. Semoga sukses untuk kita semua.

Salam Ayam!!!
Mentaok Breeder

3 comments:

  1. pa'DE, mau tanya supaya anakannya bulunya biring kuning babon nya yang gimana,piece for all

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Iyan : salam kenal mas. Agar anakan bulunya wiring kuning, induk jantannya jg hrs wiring kuning dan induk betina bwarna hitam dgn kaki putih kekuningan mengkilap.
      Trima kasih, salam ayam!!
      MB

      Delete
  2. Asal permainan ini merupakan permainan dari negri Cina yang berupa permainan kartu poker versi cina. Permainan Niu Niu ini menggunakan deck kartu biasa yang seperti dimainkan pada permainan poker dengan jumlah 52 kartu tanpa joker.

    Setiap pemain akan mendapatkan masing-masing 5 kartu di tangan untuk di adu dengan kartu bandar. Nah, pada permainan Niu Niu Live Casino biasanya terdapat 1 Bandar dan 3 lapak Player.

    Promo Bonus menarik dari BOLAVITA :
    > BONUS NEW MEMBER 10%
    > BONUS REFERRAL 10%
    > BONUS ROLLINGAN 0.5%

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Transaksi bisa dilakukan melalui :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    ReplyDelete