Selamat datang di Blog kami. Bagi para pencinta ayam aduan dapat melihat hasil ternak ayam aduan milik kami di Blog ini. Bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bisa langsung tinggalkan komentar atau langsung menghubungi kami di 081916794009.
Follow twitter kami di
@MentaokBreeder

Saturday, 5 January 2013

Kelebihan Ayam Aduan Birma

Semangat Pagi Rekan - Rekan Penggemar Ayam Aduan!!!

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan topik mengenai kelebihan dan keunggulan ayam aduan trah Birma, di mana ayam jenis ini mulai dilirik dan populer di kalangan ayam aduan. 

Ayam aduan Birma tergolong baru di Indonesia, mulai berkembang sekitar tahun 1998. Salah satu pendahulu  importir ayam Birma bernama Alex dari Surabaya. Menurut informasi yang kami terima, yang bersangkutan sudah kembali ke Thailand. Perkembangan ayam Birma sekarang ini mulai menampakkan titik cerahnya setelah banyak penggemar yang mengetahui kelebihan-kelebihan ayam Birma. Dan saat ini trend ayam aduan mulai beralih ke ayam trah Birma ataupun hasil persilangan dengan indukan trah Birma.

Gbr. 1 Jago Birma Original

Ayam aduan Birma populer di kalangan penggemar ayam aduan dikarenakan ayam jenis ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki ayam lain (Bangkok/Saigon). Adapun kelebihan ayam Birma adalah sebagai berikut :
1)    Tidak mau bertarung dengan jarak dekat,
2)    Saat lawan  melancarkan serangan, ayam Birma mendahului memukul,
3)   Gerakannya sangat dinamis, mundur sambil melancarkan pukulan, bergeser ke kanan, ke kiri sambil memukul lawan, lari berputar sambil kembali menghantam lawan dan masih banyak lagi variasinya, tergantung jenisnya ayam Birma yang kita miliki,
4)    Pukulannya sangat akurat, yaitu di sekitar  kepala, mata, dan paruh. Teknik andalan yang dimiliki adalah teknik nyawat dan mranggal. Bagi ayam Birma yang telah bertaji, teknik ini sangat membahayakan lawan karena sasaran teknik ini adalah area kepala, mata dan paruh.

Ayam aduan Birma akan menampakan kemampuan yang sebenarnya di gelanggang pertarungan setelah ngorak (mbodol = ganti bulu). Tetapi, karena postur tubuhnya yang kecil, para penggemar ayam aduan Birma sering menyilangkannya dengan ayam Saigon/Vietnam, dengan ayam Bangkok, ataupun dengan ayam Brasil. Tujuannya adalah agar anakannya memiliki ukuran badan yang lebih ideal.

Gbr. 2 Contoh Jago Hasil Cross Birma - Bangkok Koleksi Mentaok Breeder

Gbr. 3 Contoh Jago Hasil Cross Birma - Bangkok Koleksi Mentaok Breeder

Gbr. 4 Contoh Jago Hasil Cross Birma - Bangkok Koleksi Mentaok Breeder

Demikian tambahan dari kami, semoga bermanfaat.

Salam Ayam!!!
Mentaok Breeder

57 comments:

  1. bisa kirim ke makssar bang ?
    diwasinichi@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Bisa mas kirim ke makassar, ongkos kirim ditanggung pembeli. Kalau tertarik bisa langsung kontak kami lewat hp.
    Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di kirim ke Pematang Siantar bang ?
      pian.sephian@yahoo.co.id

      Delete
    2. Bisa Mas Sephian, nanti kita kirim lewat pesawat dan bisa diambil di bandara. Yg penting di sana tidak ada larangan pengiriman unggas, karena pas ada marak isu flu burung, ada beberapa daerah yg tidak memperbolehkan pengiriman unggas melalui pesawat.
      Trims

      Delete
  3. @mas Kandis : Siap mas, monggo mampir ke lokasi kami kalo pas ada kesempatan.
    Salam kenal dari kami. :)

    ReplyDelete
  4. Harga anakan ayam birma original berapa mas?

    ReplyDelete
  5. Harga anakan ayam birma ori/birma saigon/birma BK antara 200-300rb mas. Kualitas dijamin bagus.

    ReplyDelete
  6. Harga ayam birma yg udah win brapaan gan?yg istimewa?

    ReplyDelete
  7. @masgan Anung : utk saat ini kami lebih fokus menjual anakan ayam hasil ternakan kami, rata-rata ayam umur 6 bulan ke bawah sudah habis terjual mas gan.
    Untuk saat ini masih ada ayam koleksi kami, trah Birma umur 6 bulan harga 2 juta, kualitas istimewa. kalau berminat kontak saja mas Anung.

    ReplyDelete
  8. untuk harga anakan Birma 200-300 itu jenis Birma apa pak?usia?..apa ada minimum order?..maturnuwun

    ReplyDelete
  9. @mas yudha : Yg 200-300rb jenisnya birma saigon mas, umur 2-3 bln, kualitas djamin istimewa. Order hrs 1 angkatan tetasan, biasanya 1 tetasan antara 5-8 ekor mas. Kl tgl dsekitaran jogja monggo mampir ke ternakan kami biar bs lihat lgs.
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg anakan Birma atret apa ada pak

      Delete
  10. @mas Yudha : kami sedia anakan birma, baik birma ori maupun birma saigon. Untuk indukannya, baik pejantan maupun babon, dijamin kualitas istimewa.

    ReplyDelete
  11. Trims mas aries, monggo mampir ke ternakan kami kalau lg ada waktu. Pegang ma liat ayamnya langsung lebih mantap mas aries.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang umur 2bln brp gan

      Delete
  12. XLACRIT@YAHOO.CO.ID1 March 2013 at 03:56

    WAH JD PNGEN MAMPIR

    ReplyDelete
  13. @mas Rifqi : umur 2 bulan harga berkisar 200-300 ribu masgan, dijamin anakan kualitas super mas.

    @mas XLACRIT@YAHOO.CO.ID : Monggo mas lgs mampir saja ke ternakan kami kl pas ada kesempatan. Lokasi di jogja, tepatnya di Bantul sebelah selatan, sekitar 10 km sebelum pantai parangtritis. Lebih mantap kl lihat dan pegang sendiri ayam2nya. :)

    ReplyDelete
  14. klo beli ke kandang lngsung dpet potongan ga gan...?
    niat beli 2 aja.

    ReplyDelete
  15. @mas Yasir : utk hrga dr kami sdh nett mas yasir, jd tdk ada ptgan hrga. Tp ada keuntungan lain kl beli dkndang lgs mas, yaitu tdk ada ongkos kirim shg lbh murah. Slain itu bs lgs mlihat fisik ayamny shg leluasa memilih ayam yg bnr2 diinginkan mas Yasir. Monggo mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. indukan betina yg siap telor bekisaran berapa pak ???

      Delete
    2. Saat ini kami belum mnyediakan indukan siap telur mas, karena seleksi indukan dari kami ketat sehingga baru bisa mmenuhi kbutuhan kami sndiri. Bila brkenan bisa membeli anakan betina ataupun dhere dari kami mas untuk kemudian dijadikan indukan.
      Trima kasih, salam ayam. :)

      Delete
    3. dhere bekisaran brp pak ??
      yg msh ori birma.


      Delete
    4. Untuk dhere birma ori harga sekitar 1,25 juta mas. Tapi biasanya sebelum dhere sudah habis dibeli. Rata-rata pada beli di umur 2-3 bulan Mas.
      Silakan mas bila berminat. :)

      Delete
  16. Mas klo kirim ke jakarta timur utk umur 2 bulan 2 ekor berapa ?dan mendarat nya di terminal mana ?klo di terminal pulo gadung saya tertarik jga utk beli .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dalam pulau kami biasanya kirim via kereta api, bila Jakarta bisa diambil di Stasiun Kota mas Bray.
      Untuk umur 2 bulan harga per ekornya 350rb mas, ongkos kirim skitar 120rb. Jadi total+ongkos kirim sekitar 720rb mas.
      Monggo kalo sekiranya berminat bisa kontak hp biar lbh gampang komunikasinya.:)
      Salam Ayam!

      Delete
  17. pesan umur 2bulan birma ori jantan ada ngk mas,,, bisa kirim di daerah ponorogo ngk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Dita. Utk saat ini anakan birma ori umur masih di bawah 1 bulan. Bila berminat dapat menghubungi kami via HP mas. Kami bisa mengirim ke Ponorogo. Sebelumnya kami jg prnah kirim ke Srbaya dan Madiun. Utk dalam pulau jawa kami menggunakan jasa kereta api mas Dita.
      Trima kasih.
      Mentaok Bredeer

      Delete
  18. waduh jd minat ni.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mas Rony bila skiranya brminat. Kl mas Rony tgl di sekitaran jogja bs maen lgs ke lokasi ternak kami mas, di daerah bantul. Bila tdk mmungkinkan bs komunikasi via HP mas.
      Trima kasih sdh ikut meramaikan blog mentaok breeder. :)
      Salam ayamania.
      MB

      Delete
  19. pak ada saigon lancuran ori umur 4-5 bln gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini belum ada mas, adanya masih kuthukan(dibawah sebulan) dan rata2 sudah dipesan semua.
      Terima kasih.
      MB

      Delete
  20. om tolong d upload dong video tarung birma asli saya pengen liat tarungnya siapa tau cocok. . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas, memang saat ini kami msh trkendala dlm upload video abar ayam kami. Semoga ke depan kami bs lbh sering mengupload video abaran.
      Trims masukannya mas. :)
      Salam ayam.
      MB

      Delete
  21. saat ini anakan birma ori ada pak kardono

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Bambang : utk anakan birma ori blm ada yg ready stock mas, rata2 utk anakan sdh dipesan sbelum umur 2 bln. Jd kl berminat, mas Bambang bs kontak via hp utk pesan anakan ayam birma.
      Trima kasih, Salam Ayam. :)
      MB

      Delete
  22. kalo ada waktu rencana mau mapir nyuwun anakan buat bibitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mas Bambang, kl smpat skalian mampir dolan ke lokasi trnakan kami di bantul. Mgkin bs janjian via HP trlebih dulu mas agar dpt diatur waktunya.
      Trimakasih, salam ayam!
      MB

      Delete
  23. kira2 kalo mau nyuwun anakan ada nggak pak kardono?

    ReplyDelete
  24. pak kardono sy mohon di buatkan anakan yg bagus, kedepannya mau saya buat ternak. di rumah bangkok sudah ada. biar hasilnya nanti bisa lebih baik sebaiknya ayam apa yang mesti saya pesen. sy bukan botoh sy hanya seneng ternak aja. HP 085 335 000 995

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas bambang. Sbg info, saya jg mirip dgn mas bambang, lbh senang mnekuni pmurnian dan trnak ayam dibanding dunia botoh.
      Bila drmh sdh ada indukan BK bkualitas, bs dicross dgn birma ori/birma-bk mas. Nanti anakannya bs dpt teknik birma dan birma. Utk anakan birma ori/birma BK kami trus mngmbangkan mas, tp saat ini biasanya utk dpt anakannya hrs pesan tlebih dulu krn tingginya minat rekan ayamania. Mgkin bl brminat mas bambang bs kontak kami via hp (081916794009 a/n kardono) agar lbh mudah komunikasinya.
      Salam MB. :)

      Delete
  25. mas .. sya mau nanya coba deh tulis di google.indio gigante.ntu ayam apa sih mas tolong penjelasan nya mksh.

    salam buat penggemar ayam smua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami krg mngetahui jenis ayam tsb mas. Sbg info, utk jnis ayam aduan yg bkmbang di indonesia adl trah Bangkok, Birma serta Vietnam/Saigon.
      Trimakasih.
      MB

      Delete
  26. induk birma apa mesti telurnya hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pasti birma ori tlurnya hijau mas, yg lbh pnting adl kualitas indukan tsb, baik induk jantan maupun betina.
      Trimakasih, smga mmbantu.
      MB

      Delete
  27. permisi pa' DE,kalo birma malow yang main nya lari timpuk lancurannya kena berapa ke ciputat tangerang selatan,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Iyan : ongkos kirim ke Tangerang skitar 90rb mas, utk harga jagonya brkisar 800rb s/d 2juta. Silakan bila berminat. :)
      Terima kasih.
      MB

      Delete
  28. sae-sae temen bang ayame....maknyusss.
    pissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas eka : trima kasih atas kunjungan di blog kami mas eka, salam kenal dari kami.
      MB

      Delete
  29. Sayang g bs kirim k denpasar bali ya..coz di pelabuhan or bandara di bali sgt ketat thdp unggas, sedangkan sy tinggal d bali,dan sgt minat dgn ayam birma ori.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, memang itu mnjadi salah satu kendala kami dalam mengembangkan usaha ayam ini. Kt berharap ke depannya pemerintah daerah mngijinkan pengiriman ayam ke seluruh Indonesia.
      Demikian mas, salam ayam!
      MB

      Delete
  30. MaAf mas mau nnya nie..koleksi ayam birma di sana warna ayam nya apa aja dan harga ayam umur 3 s/d 4 bulan berapa?? Dan ongkos kirim ke cirebon timur berapa???
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas Zaidin: Utk ayam birma kami warnanya bervariasi mas, namun pd umumnya menyerupai ayam hutan, ada yg warna wido, hijau, putih serta merah tua.
      Utk harga ayam umur 3/4 bulan sekitar 450rb/ekor, ongkos kirim berkisar 70-100rb/paket mas.
      Trima kasih, salam ayam.
      MB

      Delete
  31. Pak de saya dari palembang...birma warna wido umur 4 bulan berapa+ ongkos kirim ke palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas aan: salam kenal mas aan, untuk kirim ke palembang kami memakai pesawat mas, ayam birma 4 bulan sekitar 600rb-1juta/ekor, bila berminat dapat kontak kami via HP.
      Salam ayam!!
      MB

      Delete